Solo Tourism

Keraton Kasunanan Solo

Keraton Solo

Keraton Kasunanan Surakarta atau juga disebut Keraton Surakarta Hadiningrat terletak disebelah selatan Balaikota Surakarta.

Untuk menuju ke keraton, dari Jalan Slamet Riyadi (Bunderan Gladak) ke selatan masuk ke pintu utama Alun-alun Lor ( alun-alun utara ). Pintu utama ini ditumbuhi pohon-pohon beringin besar di kedua sisinya. Di tengah Alun-alun Utara terdapat dua pohon beringin besar (banyan) kembar bernama Dewandaru dan Jayandaru yang menjadi simbol perlindungan dan keadilan. Lebih ke selatan lagi terdapat bangunan bernama Siti Inggil yang berfungsi sebagai tempat duduk raja.

Didalam bangunan keraton sendiri tesimpan berbagai macam benda-benda peninggalan keraton dan seni tradisional Jawa. Selain itu di komplek bangunan keraton masih banyak tertinggal bangunan-bangunan kuno.
Pura Mangkunegaran

Pura mangkunegaran

Pura Mangkunegaran didirikan oleh Raden Mas Said atau yang dikenal sebagai Pangeran Sambernyawa.

Pura mangkunegaran terletak di jantung kota Surakarta, diantara jalan Yosodipuro, Suharjo, Teuku Umar, Diponegoro dan Kartini.

Bangunan pura dibagi atas beberapa bagian bangunan yaitu "Pendopo Ageng", "Paringgitan", "Dalem Ageng". Pendopo Ageng berbentuk rumah "Joglo"(rumah khas Solo). Di dalamnya terdapat paringgitan yaitu tempat pertunjukan wayang kulit. Dalem Agung berbentuk rumah tradisional "Limasan". Dalem agung didalamnya masih terbagi atas beberapa bagian bangunan dengan fungsinya masing-masing.
Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka terletak di Jalan Slamet Riyadi. Museum ini dibangun oleh Kanjeng Adipati Sosrodiningrat IV pada tahun 1890. Didalamnya tersimpan benda-benda seni kuno dan buku-buku kesusasteraan Jawa.
Taman Satwa Taru Jurug



Taman Satwa Taru Jurug berada di tepi sungai Bengawan Solo. Selain sebagai kebun binatang, tempat ini juga menyajikan hiburan musik keroncong, dangdut dan seni-seni tradisional. Juga ada taman bermain anak-anak, berperahu di danau dan akuarium raksasa. Pada event syawalan juga ada acara "Larung Getek Jaka Tingkir" yang diadakan di sini.