KHAS SOLO

Solo memiliki sesuatu yang merupakan ciri khas, benda-benda khas Solo tentu dapat menjadi oleh-oleh yang menyenangkan.

Benda khas Solo yang dapat menjadi oleh-oleh antara lain batik, cinderamata dan makanan khas Solo.


Batik Satrio Manah

Batik dapat anda peroleh di Pasar Klewer. Harga batik di Klewer beraneka ragam dari yang murah hingga mahal. Selain di Pasar Klewer, anda juga dapat membeli batik di toko batik Danarhadi maupun Batik Keris.

Sedangkan untuk mencari cinderamata khas Solo, anda dapat menemukannya di toko-toko souvenir di Alun-Alun Utara. Toko Souvenir tersebut menjual wayang, keris, dan alat permainan tradisinal Solo seperti dakon dan lain-lain.


Alat permainan Dakon yang dijual toko souvenir di Alun-alun

Solo juga mempunyai makanan khas yang layak menjadi buah tangan. Makanan khas Solo yang populer yaitu Timlo, Nasi Liwet, Serabi Notosuman dan Intip Goreng.

Timlo adalah makanan yang hampir mirip dengan Soto, terdiri dari sosis solo, ampela ati, daging ayam, kuah timlo dan di beri taburan bawang merah goreng. Disajikan dengan potongan telur kecap, kerupuk dan jeruk nipis. Hidangan timlo selalu disajikan panas. Anda dapat membeli Timlo di Restoran Timlo Solo yang terletak di Jl. Urip Sumoharjo 94. Beberapa warung Timlo lainnya yang terkenal antara lain Timlo Sastro yang terletak di dekat Pasar Gede dan Timlo Maestro yang ada di dekat Alun-Alun Kota Solo. Harga Timlo di warung-warung tersebut berkisar Rp. 4000,00 hingga Rp. 5000,00.


Restoran Timlo Solo

Nasi Liwet sama dengan nasi putih biasa akan tetapi rasanya gurih karena menggunakan santan dalam memasak. Penyajiaannya menggunakan daun pisang sebagai pengganti piring. Harga nasi liwet berkisar Rp. 1500,00- Rp. 2000,00 ditambah dengan harga lauk-pauk yang kita minta. Anda dapat membeli Nasi Liwet di warung-warung Nasi Liwet yang bertebaran di daerah Solo Baru dan Keprabon.


Kue Serabi

Serabi Notosuman adalah kue yang memiliki rasa khas gurih. Serabi Notosuman terletak di daerah Notosuman. Harga Serabi Notosuman lebih mahal dari harga Serabi yang dijual oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan Slamet Riyadi. Harga serabi Notosuman berkisar Rp. 900,00.


intip goreng
Intip Goreng
Intip adalah makanan yang terbuat dari nasi putih yang dikeringkan kemudian digoreng. Penjual intip goreng biasanya melumuri bagian atas intip dengan garam atau gula jawa. Anda dapat mendapatkan intip goreng di pasar-pasar tradisional atau di penjual keliling. Harganya berkisar antara Rp. 1000,00 - Rp. 5000,00.