The Art Of SOLO

KESENIAN TRADISIONAL KOTA SOLO

Kesenian tradisional keraton Solo sampai sekarang masih hidup dan berkembang di masyarakat kota Solo. Kesenian tersebut adalah wayang orang, wayang kulit, wayang golek, tari tradisional, gamelan dan batik.

wayang kulit
Wayang kulit yang dipergunakan dalam pertunjukan

Seni tari, wayang dan gamelan masih sering dipertontonkan di acara-acara keraton Solo, acara peringatan kemerdekaan Indonesia di Solo dan pada acara hajatan perkawinan masyarakat Solo. Selain itu di Sriwedari yang terletak di Jalan Slamet Riyadi, masih sering diadakan acara pertunjukan wayang dan tari tradisional pada malam hari. Untuk dapat menyaksikan pertunjukan di Sriwedari, anda cukup membeli tiket dengan harga yang tidak mahal.

Tari di Sriwedari
Pertunjukan seni tari yang dipertontonkan di Sriwedari

Seni batik, merupakan kesenian yang dapat dibilang sebagai ciri khas kota Solo. Pasar Gede sebagai salah satu pasar tradisional adalah pasar yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin berbelanja batik. Batik yang disediakan ada dua jenis yaitu batik tulis asli dan batik cap. Selain di Pasar Gede, anda juga dapat berbelanja kain batik di toko batik Danarhadi ataupun batik Keris yang berada di Jln.Dr. Rajiman 164, Jln. Bayangkara 55B, Jln. Gatot Subroto 5, Jln. Imam Bonjol 34, Jln. Kalilarangan 75, Jln. Kebangkitan Nasional 14, Jln. Slamet Riyadi 205 dan 261. Sedangkan Batik Keris berada di Jln. Yos Sudarso 62.